Tugas Softskill Ilmu Sosial Dasar ke 1

Hakikat Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar (ISD) adalah ilmu yang mempelajari tentang  masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang di lingkungan sekitar kita, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan fakta, konsep, dan teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dan keahlian dalam praktik ilmu-ilmu sosial. ISD juga merupakan gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. ISD memberikan pengetahuan tentang dasar – dasar konsep untuk mengkaji gejala sosial.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Tujuan dari mempelajari Ilmu sosial dasar (ISD) adalah untuk membantu perkembangan wawasan, pola pikir dan kepribadian mahasiswa agar mendapatkan wawasan yg lebih luas tentang ilmu sosial. Dan ciri – ciri dari kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya yang berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia untuk bersosial dengan manusia lainnya, serta menumbuhkan sikap sosial antar sesamanya, agar tercipta kehidupan yang rukun dan tentram.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar

Ruang lingkup dalam ilmu sosial dasar  adalah ruang lingkup yang mencakup kehidupan sosial dan masyarakat. Seperti berbagai macam kegiatan sosial dalam masyarakat juga masalah yang timbul dalam masyarakat serta berbagai hal mengenai kenyataan sosial dan masyarakat. ruang lingkup sosial juga dibagi atas tiga golongan yaitu :

  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu.
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataaan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalh sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
  3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan. berdasarkan bahan kajian seperti yang disebut diatas, dapat dijabarkan lebih lanjut ke dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk dapat diopersasionalkan.

 

Kajian Ilmu Sosial Dasar

Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :

  1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
  3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
  4. Masalah hubungan warga Negara dan Negara.
  5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
  6. Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan.
  7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi.
  8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

 

Masalah Sosial

Indonesia adalah negara yang mempunyai penduduk sangat padat terutama di kota-kota besar. Dengan jumlah penduduk yang sangat padat, membuat Indonesia banyak mengalami masalah-masalah sosial. Masalah sosial itu sendiri adalah suatu kondisi yang dirumuskan atau dinyatakan oleh suatu entitas yang berpengaruh yang mengancam nilai-nilai suatu masyarakat sehingga berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat dan kondisi itu diharapkan dapat diatasi melalui kegiatan bersama. Misalnya saja Kemiskinan, Pendidikan dan kejahatan. Tak hanya itu, masalah lain yang paling banyak di Indonesia juga ada seperti banyaknya pengangguran dan kurangnya keadilan untuk masyarakat terutama masyarakat kecil. Bukan menjadi rahasia lagi, Indonesia memiliki catatan hukum yang jelek. Kadang yang salah terlihat benar dan yang benar bisa terlihat salah. Kesenjangan kadang juga timbul antara si kaya dan si miskin.

Perbedaan Pengetahuan Budaya dan Ilmu Budaya Dasar

Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Sedangkan Pengetahuan Budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: