Sekilas tentang budaya

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Budaya sebuah daerah terbentuk dari unsur-unsur yang ada pada daerahnya, seperti kepercayaan, arsitektur (bangunan), kebiasaan, agama, profesi, dan sebagainya. Budaya sebuah daerah belum tentu cocok dan bisa di aplikasikan pada daerah yg lainnya.karena unsur daerahnya berbeda.

Tingkat diversitas kebudayaan Indonesia adalah yang tertinggi di dunia. Sayangnya, hal ini juga menjadikannya sangat rentan untuk mengalami kepunahan seandainya tidak ada mekanisme yang dapat mendukung dalam konservasi. Belum lagi masalah klaim budaya yang merupakan akibat dari minimnya proteksi terhadap elemen kebudayaan.

Kebudayaan barat dan kebudayaan timur contohnya, dua kebudayaan yang banyak perbedaannya, contohnya pada budaya barat pendapat langsung ke pokok permasalahan, sedangkan pada budaya timur tidak langsung ke pokok permasalahan tetapi berputar-putar disekitar pokok permasalahan dahulu, dan contoh lainnya pada saat makan budaya barat lebih sedikit berbicara dan dengan nada yang rendah, sedangkan pada budaya timur pada saat makan lebih banyak berbicara dengan nada seperti bicara biasanya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: