Rubik’s Cube

RUBIK’S CUBE atau biasa di sebut kubus rubik, adalah permainan puzzle mekanik berbentuk kub us yang memiliki 6 sisi dengan masing – masing sisi memiliki warna yang berbeda. Diciptakan oleh pada tahun 1974 oleh Profesor Ernő Rubik, seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria, puzzle ini memulai kemunculannya di toko – toko mainan dengan nama bűvős kocka (magic cube). Mulai tahun 1980, setelah laris manis di negaranya sendiri, atas permintaan distributor namanya berganti menjadi rubik’s cube dan di jual ke berbagai belahan dunia.

Dengan segera rubik’s cube menciptakan sensasi Internasional. Setiap orang ingin memilikinya. Demam ini menjalar baik pada anak – anak maupun dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia memiliki konsep yang sederhana, elegan, namun cukup sulit untuk diselesaikan. Hingga tahun 1982 saja, terhitung sudah lebih dari 100 juta buah rubik’s cube terjual. Ernő Rubik menjadi salah satu red millioanire pertama di dunia, yaitu warga dari negara komunis yang bisa menjadi kaya dari penghasilan sendiri.

Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik, di antaranya American Rubik’s Cube Championship (November 1981) , United Kingdom Rubik’s CubeChampionship (Desember 1981), Canadian Rubiks Cube Championship (Maret 1982), dan Dutch National Rubik’s Cube Championship (April 1982). Puncaknya, pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik’s Cube World Championship di Budapest, di mana orang – orang dari berbagai negara di pertemukan oleh rubik’s cube. Kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun dari Los Angeles, Minh Thai, dengan catatan waktu 22,95 detik.

Namun pada tahun 1990 ketertarikan terhadap rubik’s cube mulai memudar. Orang – orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikannya, mengingat keterbatasan informasi saat itu, sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih modern. Dengan kemunculan internet, rubik’s cube kahirnya bangkit dari tidur panjangnya. Pada tahun 2000, petunjuk untuk menyelesaikan rubik’s cube telah banyak ditemukan di internet. Demam rubik’s cube pun mulai melanda untuk kedua kalinya. Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship kedua diadakan di Canada.

Rubik’s cube di pandang sebagai permainan yang positih, terjangkau, melatih motorik, daya ingat, serta kemampuan mendorong peminatnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat. Komunitas Rubik’s Cube di Indonesia terdapat di Rubikku, dan terdapat pula komunitas – komunitas regional seperti Jakarta Rubik’s Cube Club (JRCC), Surabaya Rubik’s Cube Club (SRCC), Cuber Of Depok (COD), dan masih banyak lainnya.

Jenis – jenis Puzzle rubik’s pun bermacam – macam, ada yang terdiri dari 4 sisi (Tetra Hedron) seperti Pyraminx, Pillowed Master Pyramorphinx, Jing’s Pyraminx, Pyramorphinx Flip dan Tetraminx. Dan yang 6 sisi (Hexa Hedron) ada dari 3x3x3 sampai 11x11x11 dan ada juga jenis Void cube yang terdapat lubang di tengah nya, SQ-1 dan Super SQ-1, dan ada juga jenis – jenis yang ordo nya saling berbeda seperti 3x3x2, 3x3x4, 3x3x5, 3x3x4, 3x4x5, dan lainnya. 12 sisi (Dodeca Hedron) adalah Megaminx, Gigaminx, Teraminx, Holey Megaminx, Flowerminx, Rhombic, dan masih banyak lagi.

Sedangkan cabang – cabang yang sering di lombakan pada kompetisi rubik’s cube ada 3x3x3, 4x4x4, 5x5x5, Blindfolded, 4x4x4 Blindfolded, Multiple Blindfolded, With Feet, dan lainnya yang dapat dilihat di worldcubeassociation.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: