Biasakan Postur Tubuh Tegak Agar Pikiran Jernih

Ohio, Duduk dengan posisi yang tegak di bangku tidak hanya membuat postur tubuh menjadi bagus saja, tapi hal ini juga bisa memberikan kepercayaan lebih dalam pikiran seseorang.

Peneliti menemukan bahwa orang yang sering duduk dengan posisi tegak lebih percaya mengenai apa yang ditulisnya serta merasa yakin bahwa dirinya memang memenuhi kualifikasi. Sedangkan jika posisi duduknya membungkuk, cenderung kurang percaya untuk menerima perasaannya mengenai kemampuan dirinya sendiri.

“Hasil penelitian menunjukkan bagaimana postur tubuh tidak hanya mempengaruhi pikiran kita tapi juga bagaimana kita berpikir mengenai diri sendiri,” ujar Richard Petty seorang profesor psikologi dari Ohio State University, seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Selasa (13/10/2009).

Petty menambahkan bahwa rata-rata orang yang duduk dengan posisi tegak bisa memberikan pengaruh yang baik pada orang lain. Tapi hal lain yang berpengaruh adalah postur tubuh juga bisa mempengaruhi pikiran orang itu sendiri.

Penelitian ini melibatkan 71 pelajar dari Ohio State. Partisipan tersebut diharuskan menulis sifat-sifat positif dalam dirinya dengan nilai yang tertinggi dan menulis sifat negatif dengan nilai yang terendah.

“Dengan postur tubuh yang tegak akan memberikan kepercayaan lebih dalam pikiran mereka, sedangkan siswa yang duduknya membungkuk akan menjadi kurang percaya diri dan tidak yakin dengan pikirannya sehingga pemberian peringkatnya tidak banyak berbeda antara sifat yang positif dan negatif,” tambah Petty.

Dalam sebuah percobaan terpisah, para peneliti mengulangi skenario yang sama dengan kelompok mahasiswa yang berbeda, serta menanyakan mengenai perasaannya selama belajar. Dan didapatkan para peserta tidak pernah melaporkan bahwa dirinya lebih merasa percaya diri dalam posisi tegak lurus daripada membungkuk. Hal ini menunjukkan terkadang orang-orang tidak menyadari bahwa pikirannya dipengaruhi oleh sikap orang tersebut.

“Orang berasumsi bahwa kepercayaan diri datang dari pikiran mereka sendiri dan mereka tidak menyadari bahwa postur tubuh juga memiliki dampak terhadap seberapa banyak orang percaya dengan pikirannya tersebut,” ungkapnya.

Maka jika Anda merasa tidak yakin dengan kemampuan Anda sendiri, cobalah untuk melatih duduk dengan posisi yang tegak karena secara tidak langsung Anda juga bisa melatih kepercayaan diri sendiri.

(kaya posisi di I-Lounge UG hehe..)

{Credit to: Vera Farah Bararah – detikHealth}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: