Pelantikan Presiden RI 2009-2014

Semua tentang acara pelantikan Presiden RI 2009-2014

Susunan acara pelantikan presiden yang dikutip dari detik:

Pukul 09.20 WIB panitia mengharapakan agar seluruh tamu dari kepala pemerintahan negara sahabat sudah datang di gedung paripurna di Gedung DPR/MPR. Pukul 09.33 WIB, wapres terpilih (Boediono) maupun yang wapres yang akan demisioner (JK) hadir dalam ruang sidang. SBY dijadwalkan datang pada pukul 09.43 WIB dan akan masuk ruang VIP, bersama wakil lama dan terpilih.

“Diharapakan semua datang sesuai dengan jadwal awal,” ujar Sekjen MPR Rohimullah pada detikcom, Selasa (20/10/2009).

Sambil menunggu di ruang VIP, ketiganya lalu naik lift VIP dan memasuki ruang sidang dan prosesi segera dimulai. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, setelah itu mengheningkan cipta.

“Baru setelah itu acara dibuka dengan pembukaan sidang paripurna oleh ketua MPR terpilih (Taufiq Kiemas-red),” tambah Rohimullah.

Setelah pidato pembukaan oleh Ketua MPR, maka selanjutnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membacakan keputusan KPU mengenai penetapan capres dan wapres terpilih periode 2009-2014. Setelah itu presiden terpilih akan mengucapkan sumpah dan janjinya di hadapan para hadirin sidang yang kemudian dilanjutkan pengucapan sumpah dan janji wakil presiden.

“Sumpah dan janji presiden dan wakil presiden dilakukan bergantian, tidak bersamaan,” tambah Rohimullah.

Setelah itu presiden akan dan wakil presiden akan menandatangani berita acara pelantikan bersama dengan Ketua DPR RI dan dilanjutkan dengan penyerahan berita acara pelantikan dari Ketua MPR ke Presiden.

Kemudian Ketua MPR akan mempersilahkan Presiden untuk menyampaikan pidato awal pada massa jabatannya di hadapan hadirin sidang. Setelah menyampaikan pidatonya, acara dilanjutkan dengan pembacaaan doa.

“Setelah doa penutupan sidang paripurna oleh Ketua MPR dan ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,” jelas Rohimullah.

agar pelantikan berjalan dengan lancar terdapat belasan Panser yang di kerahkan untuk mengamankan acara pelantikan tersebut, di kutip dari Kompas:

Pengamanan ketat lazim dilakukan untuk sebuah acara kenegaraaan besar seperti Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang berlangsung hari Selasa (20/10) ini, di Gedung MPR/DPR, Jakarta. Selain menempatkan ribuan petugas keamanan dari seluruh satuan, belasan panser bersenjata lengkap juga disiagakan di halaman gedung parlemen.

Setidaknya, dalam hitungan Kompas.com, terdapat 16 panser yang diparkir berjejer. Sejumlah petugas berpakaian lengkap berdiri siaga di samping setiap panser. Dengan pengamanan yang ketat, semoga saja pelantikan pemimpin negara berlangsung aman tanpa kendala.


acara pelantikan ini pun berakibat positif, yaitu dengan menguatnya rupiah, dikutip dari Republika:

JAKARTA–Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa (20/10) pagi naik mendekati angka Rp9.300 per dolar, karena pelaku membeli rupiah berkaitan dengan dilantiknya Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden RI untuk kedua kalinya.

Nilai tukar rupiah menguat 30 poin menjadi Rp9.360-Rp9.370 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.390-Rp9.400. Pengamat pasar uang, Harry Kurniawan, di Jakarta, Selasa mengatakan, pelantikan presiden RI pagi ini memberikan sentimen positif terhadap pasar.

Para pelaku pasar aktif membeli rupiah sehingga mengalami kenaikan yang cukup besar. Selain itu rupiah juga didukung oleh membaiknya bursa Wall Street dan melemahnya dolar AS terhadap euro.

“Kami optimistis rupiah akan terus menguat hingga mencapai angka Rp9.300 per dolar, setelah presiden melantik calon menteri yang telah melakukan uji kelayakan,” kata dia.

Untuk sementara, lanjut dia, rupiah diperkirakan masih akan berkisar antara Rp9.350-Rp9.370 per dolar. Hal itu didorong pelaku yang tengah sedang fokus terhadap pelantikan para menteri apakah akan ada perubahan.

“Para pelaku pasar memperkirakan perubahan yang terjadi terutama di bidang perekonomian,” ujar Harry.

Sementara itu, pengamat pasar uang lainnya, Farial Anwar memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2010 akan lebih baik dari 2009. Oleh karena itu rupiah ke depan akan semakin baik dan peluang untuk bisa mencapai angka Rp9.000 per dolar cukup besar.

Farial, Direktur Currency Management Board itu, mengatakan, potensi rupiah untuk naik lagi sangat besar. Ia menilai investasi asing akan semakin besar setelah pelantikan presiden pada hari ini memberikan nilai positif terhadap pasar.
akan tetapi masih banyak juga yang menolak acara pelantikan presiden hari ini, seperti di Surabaya yang di beritakan oleh Tempo Interaktif:

Sekitar seratusan massa dari Serikat Rakyat Miskin Indonesia, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi, dan Front Nasional Persatuan Buruh Indonesia, Selasa (20/10), berunjuk rasa menolak pelantikan Presiden dan Wakilnya.

Dengan membawa berbagai spanduk dan poster, aksi ini dimulai dengan long march dari depan Monumen Kapal Selam di Jalan Pemuda menuju depan Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“Presiden dan wakilnya adalah nyata membawa gerbong neoliberalisme. Kita harus tolak mereka,” kata Hendra Van Saragi, juru bicara aksi.

Massa juga mendesak penghentian seluruh proyek-proyek neolib dengan mencabut seluruh perundang-undangan yang medukungnya, di antaranya UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, UU No. 22/2001 tentang Migas, UU No. 25/2007 tentang Penanaman Modal, serta UU No 9/2009 tentang Badan Hukum Pendidikan.

Selain itu, massa juga mendesak pengusutan hingga tuntas kasus Bank Century dengan memeriksa seluruh pejabat terkait, mulai dari Wakil Presiden Boediono hingga ke Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dalam aksinya, massa juga membawa rangkaian huruf-huruf besar dari karton yang bertuliskan “Neoliberalisme Hentikan”.

Dikutip dari beberapa sumber:

Kompas

Detik News

Republika

Tempo

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: